cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Psikologika : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi
ISSN : 14101289     EISSN : 25796518     DOI : -
Core Subject : Education,
Psikologika - Journal of Discourse and Research on Psychology, publishes research and innovative ideas on psychology. Psikologika is published by Department of Psychology, Islamic University of Indonesia. Psikologikan coverage the fields on clinical psychology, educational psychology, developmental psychology, industrial and organizational psychology, social psychology, islamic psychology, and psychological testing. Psychology is published 2 times a year in January and July.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 24 No. 1 (2019)" : 10 Documents clear
Kesepian dan Ide Bunuh Diri di Kalangan Tenaga Kerja Indonesia Yulianti Dwi Astuti
Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol. 24 No. 1 (2019)
Publisher : Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan kesepian dengan ide bunuh diri. Sampel adalah 42 pekerja migran Indonesia. Skala yang digunakan adalah Revised UCLA Loneliness Scale (R-UCLA-LS) dan Adult Suicide Ideation Questionnaire (ASIQ). Korelasi product moment digunakan untuk melihat korelasi antar variabel, sementara analisis Anova satu arah dan uji-t digunakan untuk mempelajari perbedaan tingkat kesepian dan ide bunuh diri berdasarkan berbagai jenis pekerjaan, jenis kelamin, dan usia. Sesuai dugaan, analisis statistik menunjukkan bahwa kesepian secara signifikan terkait dengan ide bunuh diri. One way Anova menunjukkan adanya perbedaan tingkat kesepian dan keinginan bunuh diri pada berbagai jenis pekerjaan dan usia. Sementara itu analisis t-test juga menunjukkan adanya perbedaan kesepian dan ide bunuh diri berdasarkan gender di mana wanita secara konsisten memiliki skor kesepian dan ide bunuh diri yang lebih tinggi daripada pria. 
Metode Pembinaan Akhlak di SMP Muhammadiah 2 Yogyakarta (Perspektif Psikologi Islam) K. Kasno; Eko Harianto
Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol. 24 No. 1 (2019)
Publisher : Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui metode dan hasil pembinaan akhlak siswa di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif (descriptive research). Data penelitian dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, metode pembinaan akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta adalah: metode contoh teladan, pembiasaan yang baik, pemberian nasihat, perhatian khusus, hukuman, dan metode cerita. Kedua, hasil dari pembinaan akhlak siswa tersebut adalah bahwa siswa: terbiasa mengucap salam dan bersalaman setiap bertemu guru, mentaati perintah guru dan tata tertib sekolah, lebih disiplin dalam mengikuti program kegiatan-kegiatan keagamaan, baik di sekolah maupun di masyarakat, dan lebih menghargai orang lain.
Efek dari QS Ali Imran: 139 terhadap Self-efficacy Siswa Sekolah Menengah Atas Inggrid Febrina; Rinni Ayu; Dian Nursita; Rofifah Putri; Priyanka Putri; Galuh Ayu; Alfi Fatchul; Putri Dwi; Dinda Ragil; Yanuar Avif; Putri Oktavia; Euis Hanif; Susatyo Yuwono
Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol. 24 No. 1 (2019)
Publisher : Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh QS Ali Imran: 139 terhadap self-efficacy pada siswa SMA. QS Ali Imran: 139 dipilih karena memiliki makna yang sesuai dengan definisi self-efficacy itu sendiri, sehingga diharapkan dengan meninjau QS Ali Imran: 139 akan meningkatkan self-efficacy. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah 47 siswi kelas X MAN 1 Surakarta yang dibagi menjadi dua kelompok, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala efikasi diri dengan aspek-aspek yang ditekankan oleh Bandura. Efek dari penelitian ini diketahui dengan mengurangi hasil post-test dan pre-test dan kemudian kami membandingkan hasil antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent Sample T-test menghasilkan nilai t (2,586) dan p (0,013) <0,05. Ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan skor efikasi diri antara kelompok eksperimen (= 7,3043) dan kelompok kontrol (4,2500) setelah perlakuan. Ini berarti ada pengaruh positif QS Ali Imran: 139 pada self-efficacy siswa kelas X MAN 1 Surakarta. Dengan demikian, QS Ali Imran: 139 dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan self-efficacy.
Apakah Terdapat Perbedaan Perilaku Mengganggu di Kelas Antara Anak Laki-Laki dan Perempuan di Bandung? Elis Trisnawati; Juntika Nurihsan; Tina Hayati Dahlan
Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol. 24 No. 1 (2019)
Publisher : Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Suasana kelas yang kondusif adalah salah satu hal penting dalam mendukung keberhasilan pembelajaran. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa masih terdapat siswa yang melakukan perilaku yang mengganggu dalam pembelajan. Perilaku mengganggu tersebut dapat menimbulkan efek yang negatif dalam pembelajaran. Perilaku mengganggu dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah jenis kelamin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perbedaan sikap siswa SMK terhadap perilaku mengganggu siswa di kelas berdasarkan jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengisian kuesioner oleh siswa SMK yang terdiri dari 189 orang dan berasal dari SMK di Kecamatan Bandung Kulon dan Parongpong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase terbesar pada kategori sikap siswa terhadap perilaku mengganggu adalah kategori common yaitu sebesar 74% yang mempunyai makna bahwa siswa menganggap bahwa perilaku menggnggu adalah yang biasa terjadi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa perempuan mempersepsikan perilaku mengganggu siswa di kelas tersebut lebih mengganggu dibandingkan siswa laki-laki baik secara total maupun per dimensinya yaitu pelanggaran berat, pelanggaran ringan, makan atau minum dikelas, mengganggu kelas, keterlambatan dan ketidakhadiran serta tidak berpartisipasi dalam kelas. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi bagi guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas.
Kecemasan sebagai Prediktor Prestasi pada Atlet Bulu Tangkis Remaja Muhammad Kashai Ramdhani Pelupessy; D. Dimyati
Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol. 24 No. 1 (2019)
Publisher : Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tentang kecemasan dan prestasi sering dilakukan dalam dunia olahraga. Namun belum ada penelitian yang menghubungkan kedua variabel tersebut dengan bulutangkis Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kecemasan terhadap prestasi atlet. Metode yang digunakan adalah retrospective causal-comparative design atau biasa disebut ex-post facto research. Subjek penelitian ini adalah atlet elit remaja bulutangkis Indonesia yang bertanding di Cirebon Open 2019 berjumlah 41 orang. Instrumen yang digunakan adalah Competitive State Anxiety Inventory-2 (CSAI-2) dan dokumen prestasi yang diperoleh dari panitia Cirebon Open 2019. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada efek yang signifikan dari kecemasan terhadap prestasi atlet. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menghilangkan kecemasan pada atlet melalui peningkatan arousal.
Kebersyukuran dan Kesejahteraan Subjektif Pada Guru Sekolah Luar Biasa Rizka Ayudahlya; Fitri Ayu Kusumaningrum
Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol. 24 No. 1 (2019)
Publisher : Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebersyukuran dan kesejahteraan subjektif pada guru Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 53 guru SLB. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari tiga skala, yaitu skala kebersyukuran yang disusun oleh Listiyandini, dkk., (2015) dan dua skala yang digunakan untuk mengukur kesejahteraan subjektif yaitu PANAS (Positive Affect and Negatif Affect Scale) yang dibuat oleh Watson, Clark, & Tellegen (1988) juga SWLS (Satisfaction with Life Scale) berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Diener, Suh, Lucas, & Smith (1999). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kebersyukuran dan kesejahteraan subjektif pada guru SLB (r = 0,238, p = 0,043; p < 0,05), sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kebersyukuran subjek penelitian maka kesejahteraan subjektif yang dirasakan akan semakin tinggi pula.
Efek Mediasi Monitoring by Self pada Hubungan antara Watching by God dan Perilaku Mencontek Khasan Mangkualam; Arina Salsabila; Asyfia Sumadi; Catherine Tri Septiyuanza; Ahmad Rusydi
Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol. 24 No. 1 (2019)
Publisher : Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efek mediasi monitoring by self pada hubungan antara watching by God dan perilaku mencontek. Partisipan dalam penelitian ini adalah 191 mahasiswa dan 35 siswa sekolah. Data dikumpulkan menggunakan skala perilaku mencontek dari Lestari (2012) dan self monitoring dari McCullough dan Willoughby (2009). Analisis regresi digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa : 1) monitoring by self adalah prediktor signifikan bagi watching by God (p<0,05), 2) watching by God adalah prediktor signifikan bagi kecurangan akademik (p<0,05), 3) watching by God tidak memiliki efek yang signifikan pada perilaku mencontek jika variabel monitoring by self dikontrol (p>0,05). Efek tidak langsung dianalisis menggunakan estimasi bootstrap dengan 1000 sampel (Shrout & Bolger, 2002). Hasil menunjukkan terdapat koefisien efek tidak langsung yang signifikan.
Redaksi PSIKOLOGIKA: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Editorial Team Psikologika
Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol. 24 No. 1 (2019)
Publisher : Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indexing, Abstracting, dan Archiving Editorial Team Psikologika
Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol. 24 No. 1 (2019)
Publisher : Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ucapan Terima Kasih untuk Mitra Bebestari Edisi Ini Editorial Team Psikologika
Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol. 24 No. 1 (2019)
Publisher : Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 10